tulisan jalan

mouse

Blogger Widgets

Minggu, 12 Juli 2015

STEINKOLLEN FC

Sepakbola merupakan olah raga paling populer di seluruh dunia. Semua orang pasti mengenal olah raga yang satu ini, mulai dari kota sampai ke desa. Pertandingan sepakbola pun selalu saja bisa kita jumpai baik secara langsung di lapangan atau pun melalui media elektronik seperti televisi.



Di setiap sudut dunia pun terdapat klub-klub sepakbola, mulai dari yang profesional sampai klub klub kecil yang hanya bertanding setingkat tarkam (antar kampung). Di Kabupaten Berau sendiri misalnya, daerah asal saya, banyak sekali klub klub sepakbola, jika dihitung hitung jumlahnya puluhan baik yang sudah terdaftar atau pun yang belum terdaftar sebagai anggota Pengcab PSSI setempat. Klub umumnya berasal dari suatu daerah/kampung dengan beraneka macam nama. Dan umumnya di setiap daerah terdapat satu klub atau bahkan lebih.

Di Kecamatan Teluk Bayur, Kabupaten Berau sendiri mempunyai sebuah klub yang bernama STEINKOLLEN FC, nama klub tersebut terinspirasi dari nama perusahahaan pertambangan batubara pertama di Berau pada masa penjajahan Belanda. Klub yang berdiri pada tahun 2000 ini bermarkas di lapangan sepak bola Teluk Bayur.


STEINKOLLEN FC diisi oleh pemain-pemain muda, bahkan tak sedikit pula diperkuat oleh pemain-pemain usia sekolah dibawah 21 tahun. Meski kebanyakan berlath secara otodidak, tapi disitulah bakat bakat alami yang bermunculan. Ada banyak pemain potensial yang terdapat di sana.


Selain tanding tarkam seperti biasanya mereka juga sering melakukan pertandingan persahabatan dengan klub klub lain yang ada di Kabupaten Berau itu sendiri. Latihan sendiri sering dilakukan setiap sore hari mulai pukul 16.00 Wita sampai pukul 18.00 Wita. Latihan yang dilakukan bersama dengan berbagai kalangan mulai usia dari anak-anak SD hingga orang-orang tua bisa dijumpai di sana tiap sorenya Pertandingan yang sering di ikuti seperti pertandingan tarkam menyambut hari kemerdekaan Indonesia atau pun hari besar nasional lainnya.   


Sebagai salah satu klub yang cukup disegani di Kabupaten Berau telah banyak prestasi yang diperoleh klub Steinkollen FC. Tak jarang banyak klub klub lain merasa gentar ketika pada pertandingan bertemu dengan klub ini. Ada kebanggaan tersendiri saat tanding tarkam. Baik menang maupun kalah hasilnya, tak jadi masalah. Karena di sini yang dicari senang dan serunya.


Salah satu pemain Steinkollen FC Helmi 17 saat bermain 
bersama Bio Paulin (PERSIPURA)



0 komentar:

Posting Komentar